Jumat, 01 Mei 2009

bursa smk dalam mengatasi pengangguran


pengangguran di indonesia belum bisa di eliminasi secara signifikan dalam waktu dekat.ada beberapa penyebab yang melatar belakangi.salah satunya di antaranya.sistem pendidikan yang porsinya lebih banyak di bidang umum ketimbang sekolah (smk).
manakertrans erman suparno mengatakan , sistem pendidikan di indonesia mash belum link and match dengan kebutuhan lapangan kerja. itu terjadi karena lembaga pendididkan kita lebih banyak output oriented ketimbang job oriented.''karena itulah,banyak lulusan smu dan perguruan tinggi yang menganggur,
menurut beliau,mereka kebanyakan bekeja seadanya dan tidak sesuai dengan sepesifikasi ke ilmuan yang di pelajari.contoh konkret saat dilaksanakan job fair.selama ini,lanjut dia,banyak kesempatan kerja di dalam nehri yang di tawarkan tidak terisi.dari peluang yang ada ,maksimal terisi 30%.''tidak benar kalau tak ada lowongan.akar maalahnya ada di link and match,''tambahnya!
karena itu,pemeintah saat ini berusaha mengubah sistem pendidian dengan memperbanyak sekolah kejuruan.dengan sekolah kejuruan ,masyarakt dapat di bimbing kewirausahaan dan keterampilan yang lulusannya mampu membuka lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar